Senin, 08 Juli 2013

TugasQ sayang, TugasQ malang

Selamat pagi wahai sobat ! Tulisan saya kali ini topiknya tentang "Kuliah"

Berbicara tentang kuliah, maka akan wajib hukumnya berbicara tentang tugas dan akademik dong.
Saya ingin mengingatkan dan mensosialisasikan kepada sobat-sobatQ tentang aturan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang telah dikeluarkan pada tahun 2012 yang lalu (saya lupa aturan no.berapa) bahwa "Mahasiswa Strata 1 dan Magister diwajibkan untuk membuat Jurnal Nasional dan Mahasiswa Doktor diwajibkan untuk membuat Jurnal Internasional" sebagai syarat untuk memperoleh gelar. Namun, hingga saat ini entah apakah semua perguruan tinggi sudah menjalankan aturan ini atau belum?

Bagi sobat yang beruntung memilki kesempatan kuliah di Perguruan Tinggi yang besar dan memilki fasilitas yang bagus Jurnal mungkin sudah barang familiar, contoh jurnal bisa diakses dengan mudah dan gratis dari kampus, bahkan ada yang dosennya adalah reviewer sehingga masalah jurnal bisa ditanyakan.

Jurnal itu gunanya untuk apa?

Ketika saya belum menyusun skripsi dan aturan tersebut diatas belum keluar, saya beruntung karna salah seorang dosen saya yang sedang menempuh pendidikan doktornya memperkenalkan saya pada jurnal. Beliau memberikan saya beberapa soft file jurnal. Nah, dari jurnal tersebut saya mendapatkan ide untuk skripsi saya dan menjadikannya sebagai REFERENSI. Kalau sobat sedang mencari refensi untuk tugas, makalah, ataupun untuk karya ilmiah namun tidak mendapatkan buku referensi saya sarankan untuk mengakases jurnal.

Nah, caranya gimana??? Gampang kok, saya akan berbagi tips untuk akses jurnal internasional gratis. Nama jurnalnya Science Direct. Ini adalah jurnal yang familiar buat saya dan sering saya kunjungi. CARANYA???
  1. Silahkan buka link http://www.sciencedirect.com/
  2. Temukan bagian kiri atas pada samping kotak ada tulisan All Fields, Jounal/Book Title, Author, Volume, dst,
  3. Tentukan tema yang ingin sobat cari, atau siapa authornya,
  4. Ketik tema yang sobat cari pada kotak all fields. Untuk anak jurusan Pendidikan Bahasa Inggris mungkin mengetik "English Teaching Methodolgy" dan "Noam Chomsky" pada Author misalnya. (Untuk Sobat dari jurusan non-PBI, silahkan masukkan tema yang Sobat cari),
  5. Setelah mengetik "English Teaching Methodolgy" pada kolom all fields, maka akan muncul ratusan jurnal,
  6. Cari jurnal yang tidak ada tulisan "Purchase" alias yang gratis,
  7. Jika pada halawan pertama, semua jurnal ada tulisan purchasenya, go to the next page pada bagian kanan bawah,
  8. Setelah mendapatkan jurnal yang tidak ada tulisan purchasenya, klik tulisan PDF dan bersiap-siaplah mendonwload jurnalnya,
  9. Jika jurnal yang Sobat klik sudah terbuka. Silahkan di save,
  10. Agar jurnal tersebut tersimpan dengan nama file judulnya silahkan BOLD judul jurnal, kontrol S, dan paste judul jurnal pada file name, klik save.
  11. Selamat, Sobat berhasil.
Sekarang Sobat sudah bisa download jurnal secara free, jangan berkecil hati jika belum punya kesempatan untuk melanjutkan kuliah di perguruan tinggi yang besar. Ada banyak cara untuk dapat ilmu dan sekarang Sobat bisa mengerjakan tugas dengan banyak referensi setelah buku.

Saya juga ingin menyampaikan bahwa bagi dosen yang belum mendapatkan sertifikasi dosen dan ingin mengajukan sertifikasi dosen kudu wajib memiliki jurnal yang telah dipublish, TPA, dan TOEFL. So, Sobat jangan berhenti belajar sampai disini. Bagi yang ingin jadi Gurupun mungkin beberapa tahun kedepan jurnal akan menjadi syarat untuk sertifikasi guru.

Selamat membaca jurnal dan belajar
Jangan lupa dishare yah kepada teman-teman Sobat.

*lanjut baca jurnal*


Tidak ada komentar:

Posting Komentar