Selasa, 24 Juli 2012

KAMI Service Project Cenference & Competition 1-3 June 2012 @america


 KAMI Conference Participants

1 Juni 2011 mengingatkanku masa-masa setahun lalu di Kota Ames, Iowa, U.S.A. Hari itu merupakan hari pertama kami (grantee IELSP cohort_9 Iowa State University of Science and Technology) berada di kampus ISU. Masih ingat hari itu dalam keadaan jet-lag, ngantuk, plus capek setelah menghabiskan waktu di perjalanan selama kurang lebih 2*24 jam (on the flight and transit di Changi Airport Singapore, Hongkong, Chicago, Des Moines, and akhirnya tiba di Kota Ames) namun satu hal yang pasti kami tetap excited mengikuti serentetan kegiatan seperti diagnostic test, mengisi form and interview untuk mendapatkan rekening U.S Bank, foto untuk ISU Card student, getting meal card dari our beloved American Mom "Alyssa Xiong". Kartu itu digunakan untuk makan di UDCC untuk 50 kali selama musim panas. Dan hari itu bertepatan dengan bertambahnya usiaku jadi 21 tahun.Thanks GOD
(edisi merefresh hari2 diAmes tahun lalu)

Nahhhh,,, 1 Juni 2012 tahun ini saya mendapat undangan untuk mengikuti KAMI Service Project Conference and Competition yang dilaksanakan oleh Center for Civic Education Indonesia (CCEI) and U.S Embassy yand di sponsori oleh US.DEpartment of State pada tanggal 1-3 Juni di Jakarta. Ini merupkan sebuah kesempatan yang langka dan precious bagi orang yang bukan berasal dari Kota Metropolitan seperti Jakarta untuk bertemu dengan orang-orang hebat.

Jam 08.00 pagi aku mulai perjalanan dari Samarinda ke Balikapan sendirian dengan naik travel (ini merupakan perjalan pertama saya keluar dari Samarinda karna saya baru empat minggu tinggal di Kota ini pada waktu itu, jadi belum tau banyak hal tentang daerah ini). Just enjoy the trip :). Finally saya tiba di Sepinggan airport Balikpapan, Kaltim pada  jam 11.00. Penerbanganku dua jam lagi, jadi breakfast dulu sebelumnya *walaupun ini bukan breakfast time lagi*.

Finally saya tiba di bandara Soekarno-Hatta pada jam 03.00 sore and bertemu dengan KAMI participant dari berbagai Provinsi di Indonesia. Speechlees, serasa mimpi bakal ketemu dengan orang-orang hebat, apalagi bakal bertemu dengan teman2 cohort_9 Iowa yang aku anggap keluarga dan tentunya moment ini jadi reuni kecil2an buat kami. Rencana Allah memang Indah. It just flows.

Syukur tiada terhingga ku panjatkan padamu Tuhan, aku ketemu dengan teman2 tercinta di Ames  Ridho, Rifa, Fadil, Teteh Dewi, Acho, Aan, Habbul, and Billy *such a great friend of you are*. Hari pertama belum ada kegiatan, kami makan malam bersama staff CCEI dan US.Embassy. Ada Mr.William Ryan as director CCEI , Mas Karim as alumni coordinator US, Mba Femmy as Youth Program Coordinator dari CCEI, serta beberapa staff yang lain dan peserta KAMI Conference. Semua peserta mulai ini harap-harap cemas karna akan di umumkan five best service project yang akan presentase di @america Pasific Place. Peserta yang ikut konferensi ini adalah yang telah lulus seleksi in organizing service project di daerah masing-masing dengan tema Environment, Community Activism, Volunteerism, dan Religious Diversity. Peserta tersebut adalah US.Alumni dari berbagai program seperti Study of the U.S. Institute (SUSI) for Student Leaders, the Indonesian Youth Leadership Program (IYLP), Linking Individual, Knowledge, and Culture (LINC), the ASEAN Young Leadership Program, and Indonesia English Language Study Program (IELSP). Tibalah saat yang di nanti-nanti dan yang terpilih adalah Empowering the girl toward Education service project Raidah Intizar Yusuf dari Sulsel, Interfaith MiCo dari Malang, Jatim, Glow dari alumni IYLP, English Clinic dari Aceh, dan Yang terakhing mengenai Trafficking dari Jabar. Congratulation !!!

Service project aku sendiri bernama Sahabat Pulau bareng Hendriyadi yang akrab di sapa Acho dan Fadil, kami sebenarnya tinggal di Provinsi yang berbeda Acho di Jakarta, Fadil di Bandung, dan aku sendiri menjankannya di Sulawesi. Tujuan program ini adalah memberikan fasilitas kepada anak-anak untuk belajar bahasa Inggris dan Mini Library. Untuk informasi lengkap mengenai program ini bisa dilihat di www.sahabatpulau.org 

Event hough service project saya tidak mempunyai kesempatan untuk presentasi, saya patut bersyukur dan bahagia bisa di undang. It's my precious reward. Apalagi Sahabat Pulau merupakan salah satu dari 4 service project dari Indonesia yang ikut serta dalam lomba Alumni Engangement Innovation Fund (AEIF) yang diikuti oleh 154 finalist dari seluruh dunia.


Pada tanggal 2 Juni 2012 konferensi KAMI di adakan di @america, Pasific Place, Jakatra. Acara dibuka oleh Mba Gina selaku MC dilanjutkan dengan welcoming speech dan presenatse five best service project. Setelah itu dilanjutkan dengan presentase dari 3 keynote speaker yaitu Mr.Jalu Noor Cahyanto (USAID Education Development Program Specialist), Ms. ShantySyahril, and Mr.Ryan (an American volunteer). Thanks GOD dapat pencerahan tentang volunreerism. Jadi tambah Semangat untuk kegiatan volunteerism untuk Indonesiaku tercinta khususnya Education.

Pada tanggal 3 Juni 2012 kami mengunjungi sekolah otonom Sanggar Anak Akar di Jakarta Timur, sanggar ini memberikan kesempatan bagi anak yang kurang mampu untuk mengecap pendidikan di tempat ini, memberikan wadah bagi mereka untuk berkreasi. Semangatku seakan terbakar utuk melakukan perubahan di negeri ini mulai dari hal kecil. Serasa seperti hp lobet yang full-charge, membakar semangat.
Untuk teman2 yang membaca blog ini, mari melakukan hal yang bisa memberikan perubahan terhadap negeri ini. You are the hero guys.  Kita bisa melakukan banyak hal di mulai dari hal yang kecil.
I can’t do a great things, but I can do a small thing with love (Mother Teressa)

Untuk seven_eleven kalian adalah kado terindah di tanggal 1 Juni 2012. Puji syukur  aku panjatkan  kepadamu  ya Rabb atas kesempatan ini. Terima kasih aku ucapkan pada teman2 yang ikut dalam kegiatan ini. I can explore the world from you all, khususnya teman2 yang suka nulis, Fadil, Ridho and Fikriah thanks untuk sharingnya.

 Small Reunion IELSP Cohort_9 Iowa 


With love,
Imm@

2 komentar:

  1. kak kok bisa dapet undangan gitu? :) Makasih jawabannya! :)
    -ellen

    BalasHapus
  2. KAMI Conference ini merupakan lomba untuk membuat project mengenai pendidikan, agama, dan lingkungan bagi alumni pertukaran pelajar Amerika. Bagi alumni yang memiliki project dan lulus dalam beberapa tahap administrasi dan berkas diberikan undangan untuk mengikuti konferensinya dan semua biaya termasuk akomodasi, makan, dan perjalanan ditanggung oleh sponsor. Thanks

    BalasHapus