Senin, 23 Juli 2012

Change your world by IELSP


Starting from dream

“Mimpi kemarin adalah kenyataan hari ini, mimpi hari ini adalah kenyataan hari esok.” Itulah kenyataan. Mimpi, perasaan dan perbuatan pasti di mulai dari pikiran. Pikiranlah yang menjadi pendorong setiap perbuatan dan dampaknya. Mind is a power. Apa mimpimu sahabat??? Adakah di antara kalian yang bermimpi keluar negeri gratis? Punya teman sedunia? Mendapatkan beasiswa keluar negeri? Jemput dan genggamlah mimpi itu sahabat. IELSP adalah salah satu jawabannya.

Apakah IELSP? Indonesia English Language Study Program adalah program beasiswa yang menawarkan kursus bahasa Inggris di universitas-universitas di Amerika Serikat selama 8 (delapan) minngu. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris peserta, khusunya English for Academic Purpose. Selain itu, peserta juga mempunyai kesempatan untuk mempelajari secara langsung kebudayaan dan masyarakat Amerika karna peserta akan mengikuti program immersion dalam kelas internationl di mana peserta akan bergabung dengan mahasiswa dari negara lain. Dalam program ini peserta tidak hanya belajar tentang bahasa tetapi juga culture yang akan memberikan pengalaman yang berharga serta cross culture understanding (pemahaman budaya).

IELSP terbuka bagi mahasiswa strata 1 (S1)umur 19-24 tahun yang masih aktif minimal tahun ketiga (semester 5) di perguruan tinggi seluruh Indonesia dari berbagai jurusan. Pendaftar harus memilki kemapuan bahasa inggris yang di tunjukkan dengan sertifikat TOEFL dengan score minimal 450.
Persyaratan untuk mendapatkan beasiswa ini antara lain:
1.      Berumur 19-24 tahun
2.      Minimal mahasiswa tahun ketiga (semester 5 keatas)
3.      Memiliki TOEFL ITP minimal 450 (bukan prediction test)
4.      1 buah pas foto berwarna 4x6
5.      1 buah foto copi KTP
6.      Surat keterangan aktif kuliah dari Universitas
7.      Transkrip nilai semester dari 1
8.      1 buah Foto copi ijazah SMA
9.      1 buah foto copi daftar nilai ujian SMA (UAN)
10.  1buah surat referensi dari dosen di universitas dengan menggunakan form khusus yang terlampir dalam formulir pendaftaran.

*IELSP biasanya terbuka Agustus-November, tapi sering berganti tiap tahun*
Pada tahun 2011 saya terpilih sebagai salah satu dari 72 mahasiswa Indonesia yang mendapatkan beasiswa IELPS dari 1.400 pendaftar dan 639 applicant yang lulus sampai tahap interview. Ketujuh puluh dua mahasiswa tersebut di bagi dalam empat kelompok yaitu Iowa State University, University of Kansas, Virginia, dan Arizona. Saya mendapatkan kesempatan sebagai salah satu grantee IELSP cohort 9 di Iowa State University of Science and Technology. Kesempatan ini akhirnya saya dapatkan setelah gagal pada saat apply pertama. Seandainya saya tidak mencoba untuk kedua kalinya, mustahil saya akan mendapatkan kesempatan yang sangat berharga ini. Bagi sahabat-sahabat yang ingin mendapatkan kesempatan ini silahkan persiapkan diri Anda dan raihlah mimpi itu. Tidak ada hal yang sia-sia selama itu positif kawan. Mimpimu sedang menantimu, raihlah mimpi itu dengan usaha dan iktiar serta mintalah restu orang tua. 

Being proud wearing Traditional Clothes of Indonesia in USA

Untuk informasi bisa menghubungi
Indonesian International Education Foundation (IIEF)
Menara Imperium Lt.28 Suite A-B
Jl.H.R.Rasuna Said, Jakarta 12980
Telp. O21-831 7330, Fax 021-831 7331
Website: www.iief.or.id

Untuk sahabat Indonesia yang ingin sharing, feel free to contact me
Nirma Paris_ grantee IELSP cohort 9 Iowa
Email: faris_nirma@yahoo.co.id
Facebook: Nirma Paris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar